Rabu, 05 Oktober 2016

LIMA ASPEK PENTING DALAM BISNIS PERSEWAAN ALAT PESTA


Kali ini saya akan sharing tentang aspek aspek penting dalam bisnis persewaan peralatan pesta. Persewaan peralatan pesta adalah suatu bisnis yang menyewakan alat alat yang biasa digunakan dalam suatu pesta, biasanya: tenda, kursi, meja, panggung, pelaminan, karpet, kipas angin, sound system, AC, genset, peralatan makan, dll

Ada 5 aspek penting yang perlu diperhatikan ketika kita akan memulai atau akan menjalankan bisnis ini.

ASPEK MODAL


Aspek terpenting pertama adalah aspek modal karena di dalam bisnis persewaan peralatan pesta kita akan mengelola suata asset dalam bentuk peralatan yan akan kita sewakan. Berbagai peralatan tsb tentu memerlukan modal yang tidak sedikit untuk pembuatan/pengadaannya. Untuk tenda bisa dibeli dari pabrik atau pesan dari bengkel las langganan kita. Tinggal kita tentukan berapa unit tenda yang akan kita buat/beli.
Untuk kursi bisa dibeli dari pabrik atau toko tergantung jenis kursi yang akan disewakan bisa model sofa susun, kursi lipat, atau kursi plastik. Untuk panggung biasanya kita harus membuat design sendiri dan pesan ke bengkel yang bisa membuat panggung, karena biasanya materialnya kombinasi dari besi, kayu dan karpet dengan sistem pemasangan knock down.
Untuk peralatan makan seperti pring, mangkok, gelas, pemanas meja, dll bisa langsung dibeli di toko pealatan makan. Sedangkan untuk peralatan yang jenisnya elektronik atau mesin seperti kipas angin, lampu, sound system, genset dll bisa dibeli di toko elektronik/toko mesin.

Selain peralatan, didalam bisnis ini juga diperlukan gudang tempat menyimpan peralatan yang kita sewakan. Tidak harus beupa bangunan gudang tetapi bisa juga disimpan di rumah kita asal cukup luas untuk menampung alat alat tsb. Perlu dipastikan juga akses jalan ke gudang kita bisa dilalui dengan mudah oleh armada angkutan kita. Juga perlu dipastikan keamanan peralatan yang kita simpan di gudang tsb dari pencurian, kehujanan, kebakaran atau kebanjiran.

Modal berikutnya adalah kendaraan atau alat angkut. Alat angkut ini sangat penting agar kita bisa memastikan order pemesanan bisa dikirim atau dipasang tepat waktu. Bisa saja menggunakan kendaraan sewa tetapi dari sudut pandang bisnis pasti tidak menguntungkan. Pastikan kendaraan sesuai kebutuhan kita apakah mobil pick up kecil, truck pick up atau motor roda 3. Tentu masing masing memiliki kelebihan dan kekurangannya.

Setelah ada peralatan, gudang dan alat angkut maka kita perlu punya kantor. Kantor bisa jadi satu dengan gudang atau bisa juga terpisah. Jika belum memungkinkan memiliki kantor tersendiri bisa menggunakan rumah tinggal kita sebagai kantor. Semakin strategis letak kantor kita apalagi di pinggir jalan besar yang banyak dilalui masyarakat tentu akan lebih membantu memperkenalkan usaha kita. Kantor ini akan berfunngsi sebagai tempat layanan bagi pelanggan yang akan melakukan order pemesanan, melakukan pembayaran atau sebagai semacam ruang pamer untuk contoh/sampel peralatan yang kita sewakan atau album foto peralatan kita yang tidak mungkin didisplay dalam bentuk sampel karena ukurannya terlalu besar.

Aspek modal lainnya adalah karyawan. Biasanya dibutuhan karyawan untuk bagian operasional, bagian gudang, dan bagian administrasi layanan. Jika bisnis belum besar karyawan bisa merangkap pekerjaan agar tidak terlalu banyak pengeluaran untuk upah karyawan. Sedangkan sistem upahnya bisa bulanan, harian, atau borongan ketika ada pekerjaan saja.

ASPEK PASAR


Sebelum memulai bisnis persewaan peralatan pesta sebaiknya dipelajari dulu potensi pasarnya. Lakukanlah riset kecil kecilan apakah potensi pasar di daerah kita cukup besar untuk kita terjun ke bisnis ini. Biasanya semakin besar sebuah kota, semakin banyak jumlah penduduknya dan semakin maju masyarakatnya maka potensi pasar untuk bisnis ini juga akan semakin besar. Di kota besar potensi pasar tidak saja berasal dari rumah tangga tetapi juga bisa berasal dari kantor instansi, sekolah, perguruan tinggi, dll

Pelajari juga tingkat kompetisi usaha di kota/daerah yang menjadi target bisnis kita. Ada berapa jumlah perusahaan sejenis. Peralatan apa saja yang sudah mereka miliki untuk disewakan. Siapa saja pelanggan utama mereka. Apakah pasar masih memungkinkan untuk ditambah pemain baru. Jika kita ikut masuk di dalam bisnis tsb hal apa yang perlu kita siapkan untuk memenangkan persaingan. Lakukan seperlunya saja jangan sampai mengendorkan niat kita untuk berbisnis.

ASPEK NETWORKING


Di dalam bisnis apapun networking sangat penting di dalam memajukan dan membesarkan usaha kita. Di bisnis persewaan alat pesta sebaiknya kita juga memiliki networking yang kuat dan luas. Networking di bisnis ini adalah hubungan baik dan hubungan kerjasama dengan sesama perusahaan persewaan alat pesta. Jika kita memiliki hubungan kerjasama dengan perusahaan sejenis akan memberikan banyak manfaat antara lain: ketika kita tidak memiliki suatu peralatan atau ketika jumlahnya kurang dari jumlah yang akan disewa pelanggan maka kita bisa ambikan/sewa dari perusahaan sejenis yang menjadi mitra kita. Atau bahkan ketika perusahaan mitra kita kekurangan peralatan atau tidak memiliki peralatan tertentu maka kita akan mendapatkan order dari mereka karena kita menjadi mitra perusahaan tsb.

Networking ini juga bisa menjadi wadah untuk sharing informasi tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan penyewaan peralatan pesta. Bisa juga untuk sharing informasi tentang pelanggan nakal sehingga bisa kita antisipasi untuk tidak memberikan layanan kepada para pelanggan nakal yang track recordnya kita dapatkan dari sharing dengan sesama pelaku bisnis persewaan peralatan pesta.

ASPEK MARKETING


Langkah langkah untuk memajukan bisnis atau untuk memperbanyak order sewa peralatan banyak dilakukan pelaku usaha ini karena tingkat persaingan semakin besar. Yang sering dilakukan adalah melakukan promosi baik secara langsung (door to door), menggunakan media massa, atau menggunakan media sosial.

Sebetulnya promosi terbaik dari usaha ini adalah promosi dari mulut ke mulut (referensi). Setiap pelanggan yang puas akan menceritakan kepuasannya kepada orang lain tanpa kita minta. Oleh karena itu maka setiap order harus bisa dilayani dengan baik dan memuaskan pelanggan. Poin poin penting nya adalah: ketepatan waktu pengiriman/pemasangan, kondisi alat yang disewakan berfungsi normal, jika ada keluhan secepatnya diatasi/diganti.

ASPEK PENGELOLAAN USAHA


Di dalam menjalankan bisnis persewaan peralatan pesta atau bisnis apapun maka kita harus pandai mengatur cash flow perusahaan. Kita harus bisa mengelola pemasukan dan biaya agar usaha kita tetap eksis dan terus berkembang.

Hal yang juga penting adalah bahwa asset utama di dalam bisnis ini adalah peralatan pesta sehingga kita perlu memberikan perhatian lebih di dalam pemeliharaannya. Sisihkan anggaran yang cukup untuk pemeliharaan peralatan agar selalu dalam kondisi baik/prima dan tidak mengecewakan pelanggan ketika disewa.

Untuk pengembangan usaha atau untuk memperbesar skala usaha maka perlu juga disisihkan dari sebagian penghasilan usaha tsb untuk investasi peralatan baru atau untuk mengganti peralatan lama yang rusak.

Demikian semoga artikel ini bermanfaat.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar