Selasa, 06 September 2016

Merencanakan Anggaran Pesta Pernikahan Yang Hemat


Sering kali pasangan calon pengantin atau orangtua mempelai bingung ketika sudah waktunya untuk melangsungkan pernikahan terkait dengan bagaimana merayakan kemeriahan menjadi raja/ratu sehari secara meriah namun tetap hemat. Di artikel ini akan coba kami uraikan hal hal apa yang perlu diketahui di dalam merencanakan anggaran pesta pernikahan dengan hemat.

Setelah menentukan waktu pelaksanaan pesta (hari, tanggal, bulan dan tahun), sudah menentukan tema pesta pernikahan, jumlah tamu yang akan diundang, jangka waktu pelaksanaan prosesi pesta maka tinggal dihitung berapa perkiraan biaya yang akan dikeluarkan untuk pelaksanaan pesta tsb.

Di sini kami asumsikan tidak menggunakan jasa Wedding Organizer karena kita ingin menghemat biaya pesta pernikahan tersebut.

Hal hal yang perlu disiapkan anggarannya adalah sbb:

1. Tempat Resepsi/Pesta Pernikahan diselenggarakan

Jika pesta dilaksanakan di gedung ataupun outdoor yang bukan milik kita maka perlu dianggarkan untuk sewa tempat tsb. Pilihannya bisa di Hotel, di Gedung Pertemuan, Rumah Makan dll. Biasanya kalau sewa tempat ada yang bisa menyewa tempatnya saja tapi ada juga yang mengharuskan sistem paket termasuk makanan dan fasilitas lain yang ada di tempat tsb
Kalau pesta dilaksanakan di rumah maka tidak perlu keluar biaya sewa tempat tetapi biasanya akan ada pengeluaran untuk sewa tenda, panggung, kursi, meja, sound system dan alat kelengkapan lainnya.

2. Dekorasi dan Pelaminan

Anggaran untuk dekorasi dan pelaminan akan sangat tergantung dari tema pesta pernikahan yang diusung, bisa indoor ataupun outdoor. Juga tergantung dari besar kecilnya pelaminan yang dipakai. Semakin besar ukuran pelaminan tentu akan semakin mahal juga biaya sewanya. Material yang digunakan untuk dekorasi juga akan menentukan mahal tidaknya sebuah dekorasi. Material yang termasuk mahal adalah bunga asli.

3. Makanan/Hidangan

Biasanya anggaran untuk makanan akan menjadi anggaran terbesar didalam sebuah pesta pernikahan. Banyak yang berpendapat bahwa pesta pernikahan yang sukses adalah yang hidangan/makanannya enak dan melimpah. Untuk penyediaan makanan cara yang paling mudah adalah dengan menggunakan jasa katering yang terpercaya. Semua hidangan disiapkan dan disajikan oleh katering kita tinggal mengawasi jumlah dan porsinya saja. Tetapi dengan menggunakan jasa katering yang sangat praktis tsb tentu anggarannya akan lebih besar jika dibandingkan dengan memasak sendiri. Jika ingin memasak sendiri maka kita akan mengeluarkan biaya untuk membayar pemasak, biaya sewa alat masak dan alat makan, pembelian bahan mentah serta harus menyiapkan petugas yang menghidangkan/menyajikan.

4. Rias dan Baju Pengantin

Untuk menghitung anggaran rias dan baju pengantin jangan lupa disertakan rias dan baju untuk orang tua dari kedua mempelai. Selain pengantin dan orang tua siapa lagi yang harus disiapkan rias dan bajunya? Bisa jadi keluarga inti, pengiring mempelai, dan mungkin juga seluruh panitia juga akan dirias dan diberikan baju seragam?

5. Dokumentasi

Yang tidak kalah penting adalah dokumentasi karena inilah yang akan menjadi bukti dan kenangan akan pesta pernikahan tsb. Bisa menggunakan jasa layanan dokumentasi profesional atau cukup memanfaatkan kerabat atau teman walaupun hasilnya belum tentu memuaskan. Tentu saja jika menggunakan jasa dokumentasi profesional maka kita harus menyiapkan anggaran lebih banyak dibandingkan memanfaatkan kerabat atau teman.

6. Souvenir

Salah satu yang menjadi trend pesta pernikaan saat ini adalah tuan rumah membagikan souvenir sebagai tanda kenangan kepada para undangan. Tentu saja ini harus dianggarkan sesuai dengan jenis/tema souvenir yang akan dibagikan.

7. Mobil Pengantin

Bisa menyewa dari rental langganan kita dengan keleluasaan jenis mobil, warna dan dekorasinya. Atau bisa memanfaatkan mobil pribadi/kerabat/teman agar lebih hemat.

8. Hiburan

Hiburan ini dimaksudkan agar acara pesta pernikahan berlangsung lebih meriah, tidak monoton, dan menambah kegembiraan mempelai, keluarga dan seluruh yang hadir dalam pesta tsb.
Berbagai jenis hiburan bisa dipilih desesuaikan dengan anggaran dan tema pesta pernikahan.

Catatan: Jika akad nikah menjadi salah satu rangkaian acara dalam pesta pernikahan maka perlu dianggarkan untuk pelaksanaannya: penghulu, saksi, mas kawin, dll

Semoga artikel ini memberikan manfaat.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar